تطبيق مدخل التعلم التعاونى بالطريقة الجزئية في تدريس القراءة (دراسة تجربية بـــــ MTsN Lhoknga Aceh Besar)

Ulfaturrahmi, 221324042 (2018) تطبيق مدخل التعلم التعاونى بالطريقة الجزئية في تدريس القراءة (دراسة تجربية بـــــ MTsN Lhoknga Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Pendekatan Kooperatif]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pendekatan Kooperatif)
Ulfaturrahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Peneliti mengangkat judul ini karena siswa(i) kelas 1 MTsN Lhoknga hampir rata-rata belum mampu membaca kata dan memahami teks bacaan dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mereka dalam pembelajaran qiraah dengan menggunakan pendekatan kooperatif learning dengan metode sintesis, serta untuk mengetahui efektivitas penerapan metode kooperatif learning dengan metode sintesis pada pembelajaran qiraah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen yang berbentuk angket dan tes yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan kooperatif learning dengan metode sintesis mendapatkan hasil yang tinggi dari siswa. dan efektif pada pembelajaran qiraah. Dan ini dibuktikan pada hasil nilai rata-rata nilai angket 3,35 berdasarkan interpretasi angket apabila nilai rata-rata dari 2,7 sampai 4,0 menunjukkan kepada tingkat tinggi. Dan nilai lain dari penerapan pendekatan kooperatif learning dengan metode sintesis adalah efektif. Ini dibuktikan dari nilai t-test (-21,000) dan (sig.) (,000<0,05) bahwa Ha diterima. Penelitian ini juga mendapatkan besarnya pengaruh (Effect Size) dengan nilai 0,84 yang menunjukkan kepada tingkat tinggi. Adapun selisih peningkatan dari nilai rata-rata pretest dan postest adalah 0,5 yang menunjukkan kepada tingkat sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.Buhori Muslim M.Pd 2.Salma Hayati M.Ed
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kooperatif Learning, Metode Sintesis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ulfaturrahmi Bustami
Date Deposited: 11 May 2018 02:20
Last Modified: 11 May 2018 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3832

Actions (login required)

View Item
View Item