Pengelolaan Program Diniyah dalam Pembinaan Praktek Ibadah di SDN 16 Banda Aceh

Riswandi, 170206042 (2024) Pengelolaan Program Diniyah dalam Pembinaan Praktek Ibadah di SDN 16 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Program Diniyah dalam Pembinaan Praktek Ibadah di SDN 16 Banda Aceh] Text (Pengelolaan Program Diniyah dalam Pembinaan Praktek Ibadah di SDN 16 Banda Aceh)
Riswandi, 170206042, FTK, MPI, 089513051989.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Program diniyah adalah lembaga pendidikan keagamaan di luar sekolah yang diharapkan mampu secara terus menerus memberikan pendidikan agama Islam kepada peserta didik yang tidak terpenuhi pada jalur sekolah yang diberikan secara klasikal serta menerapkan jenjang pendidikan. Pembinaan praktek ibadah adalah proses bimbingan nilai-nilai keagamaan terhadap peserta didik yang dilakukan secara efisien dan efektif untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, Perencanaan manajemen program diniyah di SDN 16 Banda Aceh. Pelaksanaan manajemen program diniyah di SDN 16 Banda Aceh. Evaluasi manajemen program diniyah di SDN 16 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, panitia program diniyah, dan guru diniyah. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan manajemen program diniyah yaitu menentukan tujuan dan manfaat yang ingin dihasilkan program diniyah dalam praktek ibadah, dalam perencanaan manajemen program diniyah pihak sekolah melakukan diskusi dengan dinas pendidikan dan ketua panitia program diniyah, pihak sekolah juga memberikan dukungan dengan penyiapan fasilitas dalam mendukung program diniyah. Kedua Pelaksanaan manajemen program diniyah pihak sekolah membuat schedule waktu pelaksanaan, membuat metode-metode belajar yang akan dipakai dalam pelaksanaan pembinaan praktek ibadah, serta pihak sekolah juga menyediakan sarana dan prasarana penunjang program diniyah diniyah, dalam pelaksanaan manajemen program diniyah panitia dan guru diniyah juga mempersiapkan peserta didik sebelum kegiatan program dilaksanakan, dan melakukan evaluasi program diniyah. Ketiga, Evaluasi manajemen program diniyah telah dijalankan dengan baik terlihat kepala sekolah sebagai penanggung jawab dalam kegiatan program diniyah dan panitia program diniyah selalu melakukan evaluasi ketika program tersebut berlangsung dan juga melakukan evaluasi pada akhir semester

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riswandi Wandi
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:47
Last Modified: 27 Aug 2024 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38334

Actions (login required)

View Item
View Item