Efektifitas Media Amplop Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V MIN 37 PIDIE

Syifa Maisura, 190209020 (2024) Efektifitas Media Amplop Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V MIN 37 PIDIE. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Efektifitas Media Amplop Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi] Text (Efektifitas Media Amplop Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi)
Syifa Maisura, 190209020, FTK, PGMI, 081376113091.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MIN 37 PIDIE pada kelas V, bahwa terdapat suatu permasalahan yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menulis. Adapun penyebab siswa kurang terampil dan berminat dalam menulis puisi adalah dikarenakan siswa tersebut masih merasa kesulitan untuk menuangkan ide atau gagasan dalam menulis puisi. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apakah adanya efektivitas media amplop bergambar dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MIN 37 Pidie? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitas media amplop bergambar dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MIN 37 Pidie. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan soal Pretest-Posttest kelompok tunggal (One Group Pretest-Posttest Design). Teknik pengumpulan data melalui soal pre-test dan post-test. Sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan media akan dilakukan pre-test selanjutnya baru akan dilakukan penerapan media setelah itu baru dilakukan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi ke efektivitas media amplop bergambar dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MIN 37 Pidie. Perhitungan uji-t signifikan (sig.2 taileld) yaitu menggunakan rumus uji paired sample t-tes 0.00 atau 0. Dikarenakan 0,00 < 0,05 maka dapat di dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dari pemerolehan nilai t-tes dapat disimpulkan bahwa adanya keefektifan yang signifikan terhadap penerapan media amplop bergambar untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MIN 37 Pidie.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.5 Seni kreatif dan pekerjaan tanggan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syifa Maisura Syifa
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:52
Last Modified: 27 Aug 2024 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38335

Actions (login required)

View Item
View Item