Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di MAN Aceh Barat Daya

Nazarul Azwar, 200206014 (2024) Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di MAN Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di MAN Aceh Barat Daya] Text (Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di MAN Aceh Barat Daya)
Nazarul Azwar, 200206014, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pengelolaan kelas yang baik diharapkan mampu terciptanya pembelajaran yang efektif dan meningkatkan kreativitas belajar siswa, maka diperlukan peran guru dalam memberikan bimbingan kepada siswa melalui pengelolaan kelas yang baik. Akan tetapi kenyataannya di MAN Aceh Barat Daya terdapat permasalahan yang muncul didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan kelas, Kendala pengelolaan kelas, dan Solusi terhadap pengelolaan kelas dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di MAN Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yaitu tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala madrasah, 2 guru dan 2 siswa. Hasil penelitian yang didapatkan dilapangan ialah: Pertama, Pengelolaan Kelas di MAN Aceh Barat Daya dijalankan dengan baik, seperti penataan ruang kelas, pengaturan tempat duduk siswa, ventilasi dan pencerahan ruang kelas, serta pengaturan penyimpanan barang menjadi faktor penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan memfasilitasi kreativitas siswa. Kedua, Kendala yang dihadapi yaitu kondisi fisik ruangan, keterbatasan sumber daya, keterampilan guru, kurangnya motivasi siswa, dan perbedaan gaya belajar siswa. Ketiga, Solusinya diperlukan langkah-langkah konkret seperti peningkatan fasilitas, lingkungan belajar yang mendukung, pemanfaatan teknologi, interaksi guru-siswa yang intens, dan mendorong penggunaan metode pengajaran yang inovatif dan beragam untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nazarul Azwar
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:35
Last Modified: 29 Aug 2024 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38464

Actions (login required)

View Item
View Item