Ade Haikal, 160213029 (2024) Penurunan Perilaku Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Kelas XI Di SMA Negeri Indrapuri. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penurunan Perilaku Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Kelas XI Di Sma Negeri Indrapuri]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ade bk.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah perilaku penundaan pada tugas akademik yang dilakukan oleh siswa secara sadar dengan melakukan aktivitas lain yang menyenangkan dan tidak penting, tidak bertujuan, dan tidak memperhatikan waktu sehingga menimbulkan akibat negatif atau kerugian pada siswa. Konseling kelompok merujuk pada salah satu bantuan yang diberikan kepada konseli dalam bentuk kelompok dan mempunyai metode pemecahan dan penyembuhan,kemudian konselor mengarahkan untuk memberikan kemudahan untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI di SMA Indrapuri, 2)Untuk mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan dari perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Indrapuri, 3)Untuk mengetahui pelaksanaan konseling kelompok untuk menurunkan perilaku prokrastinasi peserta didik kelas XI di SMA Negeri Indrapuri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian 12 orang yaitu 1 orang guru BK, 1 orang guru mata pelajaran dan 12 orang siswa di kelas XI dengan kriteria siswa yang mempunyai prilaku prokrastinasi akademik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi, instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor penyebab timbulnya perilaku prokrastinasi akademik ada dua faktor yaitu internal dan eksternal. Dampak perilaku prokrastinasi juga memperoleh hasil bahwa ada dua dampak yang muncul seperti dampak terhadap internal siswa dan dampak eksternal siswa. Pelaksanaan layanan konseling kelompok terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik siswa yaitu dengan menerapkan layanan kelompok dengan Teknik khusus.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Ade Haikal Ade |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 03:39 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 03:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38493 |