Nurfaiza, 200201162 (2024) Penguasaan Mahasiswa terhadap Materi Perkuliahan Tarikh Tasyri` Pada Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Penguasaan Mahasiswa terhadap Materi Perkuliahan Tarikh Tasyri`]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurfaiza, 200201162, FTK, PAI, 085260164940.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Materi Tarikh Tasyri` merupakan mata kuliah utama yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa jurusan PAI. Dalam proses pembelajaran sebagian mahasiswa merasakan kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan dikarenakan beberapa faktor, diantaranya karena luasnya cakupan materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan Tarikh Tasyri` pada Prodi PAI dan adanya ketidaksesuaian antara nilai akhir yang didapatkan, mengetahui faktor-faktor kesulitan dalam menguasai materi perkuliahan Tarikh Tasyri` dan solusi untuk mengatasi kesulitan dalam menguasai materi perkuliahan Tarikh Tasyri` pada prodi PAI. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif analitik, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes dan wawancara. Adapun objek dalam penelitian ini adalah penguasaan mahasiswa PAI angkatan 2020 pada materi perkuliahan Tarikh Tasyri`, sedangkan subjek penelitian ini adalah 4 dosen pengampu mata kuliah Tarikh Tasyri dan mahasiswa PAI pada angkatan 2020 berjumlah 20 orang yang diambil secara representative atau mewakili empat unit yang berbeda pada mata kuliah Tarikh Tasyri`. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa PAI tahun 2023/2024 masih kurang penguasaannya dikarenakan materi yang disampaikan terlalu luas cakupannya dan banyak istilah kata-kata yang susah dimengerti sehingga sulit dipahami oleh mahasiswa dan terkait dengan adanya perbedaan nilai yang lebih tinggi daripada pengusaan mahasiswa yang masih kurang yaitu penilaian yang diberikan diambil dari berbagi aspek seperti nilai kehadiran, kedisiplinan,mengumpulkan tugas tepat waktu dan adab yang baik. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan mahasiswa yaitu kurangnya minat membaca buku-buku di perpustakaan, kurangnya keseriusan belajar dan latar belakang pendidikan agama yang kurang kuat karena bukan berasal dari alumni pondok pesantren/madrasah. Sedangkan solusi untuk mengatasinya adalah mengulang kembali materi yang telah diajarkan oleh dosen pengampu, dan bertanya jika ada materi yang belum di pahami, dan memperbanyak membaca buku-buku terkait materi Tarikh Tasyri`, membiasakan sikap disiplin agar selalu tepat waktu dan meningkatkan keseriusan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurfaiza Faiza |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:58 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:58 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38512 |