Analisis Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan SMAN 1 Kluet Selatan

Ismulatif, 190503052 (2024) Analisis Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan SMAN 1 Kluet Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan SMAN 1 Kluet Selatan] Text (Analisis Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan SMAN 1 Kluet Selatan)
Ismulatif, 190503052, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Analisis Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan SMAN 1 Kluet Selatan .“ Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan internet sebagai sumber belajar siswa diperpustakaan SMAN 1 Kluet Selatan dan apa kendala dan hambatan penggunaan layanan internet sebagai sumber belajar diperpustakaan SMAN 1 Kluet Selatan. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini 25 orang siswa yang aktif mengunjungi perpustakaan SMAN 1 Kluet Selatan. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa terutama menggunakan Internet untuk mengakses informasi yang mendukung pembelajarannya, memperluas pengetahuannya, dan mencari solusi masalah pembelajaran. Siswa menggunakan berbagai sumber belajar seperti aplikasi pembelajaran, buku referensi, dan materi digital. Meskipun demikian beberapa siswa menghadapi kendala dan hambatan dalam menggunakan Internet sebagai sumber belajar di perpustakaan SMAN 1 Kluet Selatan, termasuk keterbatasan aksesibilitas, kualitas koneksi yang rendah, dan kurangnya perangkat yang memadai. Selain itu, ada juga tantangan dalam literasi digital siswa, yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi internet secara efektif. Dan terdapat beberapa siswa keperpustakaan untuk permain game offline, menonton film, dan membaca komik yang menarik untuk mengisi waktu luang siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ismulatif Ismulatif
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:06
Last Modified: 02 Oct 2024 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38522

Actions (login required)

View Item
View Item