Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas IPA Siswa Kelas V SD Negeri II Gegerung Bener Meriah

Wilfa Mustika, 200209013 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas IPA Siswa Kelas V SD Negeri II Gegerung Bener Meriah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil  Belajar, dan Kreativitas siswa] Text (Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar, dan Kreativitas siswa)
Wilfa Mustika, 200209013, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan kreativitas siswa sehingga pada pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Gegerung Bener Meriah. Hal ini mengakibatkan kurangnya nilai siswa khususnya di pelajaran IPA. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang mendukung aktivitas siswa, dengan menggunakan model pembelajran Project Based Learning yang sesuai dengan sintaks model tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian one-group pretest-posttest-design. Populasi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara Purpose Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes Pre-Test dan Post-Test untuk hasil belajar dan rubrik observasi kreativitas siswa. Pada teknik pengumpulan data untuk hasil belajar siswa diberikan soal tes berbentuk tes awal dan tes akhir, kemudian data tersebut dianalisis dengan uji t. sedangkan untuk pengumpulan data kreativitas siswa berupa rubrik observasi yang diisi oleh observer. Hasil penelitian dari uji statistik bahwa nilai signifikasi 0,04 < 0,05, sehingga hipotesis Ho diterima maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar. Sedangkan untuk kreativitas siswa secara klasikal mencapai 85,71% maka dapat dikatakan bahwa tingkat kreativitas siswa pada penelitian ini sangat kreatif. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Project Based Learning terhadap kreativitas siswa dibandingkan pembelajaran yang ajar menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wilfa Mustika Wilfa
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:17
Last Modified: 02 Sep 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38545

Actions (login required)

View Item
View Item