Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN Kec. Bukit Bener Meriah

Adelisa Simehate. W, 200209028 (2024) Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN Kec. Bukit Bener Meriah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Media Interaktif Animasi, Minat Belajar] Text (Media Interaktif Animasi, Minat Belajar)
Adelisa Simehate W, 200209028, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan gairah belajar sehingga peserta didik merasa senang dan mudah memahami materi. Namun banyak peserta didik tidak fokus dan bosan atau jenuh selama kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media interaktif animasi sehingga menumbuhkan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan menganalisis pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN 1 Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di MIN 1 Bener Meriah dengan sampel 20 orang peserta didik kelas IVA. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi serta dianalisis menggunakan SPSS versi 24 untuk mengetahui validitas, reliabilitas, normalitas dan membuktikan hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif animasi memberikan banyak manfaat yang signifikan terhadap minat belajar dan media interaktif animasi memiliki pengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Hal tersebut diketahui melalui nilai signifikasi 0,000 dan dan nilai thitung sebesar 6,859. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan, maka dapat disimpulkan bahwa sebesar 0,000  0,05 dan nilai thitung sebesar 6,859  ttabel 2,086, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar peserta didik kelas IVA pada pembelajaran IPS di MIN 1 Bener Meriah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adelisa Simehate Adel
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:16
Last Modified: 02 Sep 2024 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38546

Actions (login required)

View Item
View Item