Oktaviandi Wardana, 170603040 (2024) Analisis Pengaruh Tingkat Pegetahuan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Kota Meulaboh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Analisis Pengaruh Tingkat Pegetahuan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Kota Meulaboh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Oktaviandi Wardana, 170603040, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Pelayanan yang berkualitas pada sebuah bank dapat menarik nasabah baru dan mengurangi risiko nasabah lama pindah ke bank lain. Pelayanan yang baik akan memberikan kepercayaan kepada nasabah untuk terus menggunakan layanan bank syariah. Oleh karena itu, salah satu alasan utama masyarakat Muslim memilih menabung di Bank Syariah adalah karena faktor agama, kepercayaan, dan kualitas pelayanan yang mampu memberikan kepuasan kepada nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan religiusitas, kepercayaan, kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia KCP III Meureudu Pidie Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang melakukan pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KCP Meureudu Pidie Jaya yang terdiri dari 3314 nasabah. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus slovin terdiri dari 360 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data terdiri dari uji regresi berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan religiusitas, kepercayaan, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Meureudu Pidie Jaya. Artinya semakin tingginya nilai religiusitas, kepercayaan dan kualitas pelayanan yang diperoleh maka akan meningkatkan kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Meureudu Pidie Jaya. Hal ini membuktikan bahwa nasabah memandang bahwa nilai syariat baik akad atau sistem bagi hasil, feedback dari proses menabung, dan informasi produk yang ditawarkan juga mendorong nasabah untuk menabung di Bank Syariah Indonesia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Kepuasaan Nasabah Menabung |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Oktaviandi Wardana Okta |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:01 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:01 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38569 |