Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Berbasis TPACK Pada Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 5 Bies

Mita Malaini, 190209064 (2024) Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Berbasis TPACK Pada Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 5 Bies. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Berbasis  TPACK Pada Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan  Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 5 Bies] Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Berbasis TPACK Pada Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 5 Bies)
skripsi mita malaini.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan Hasil Observasi di kelas IV SDN 5 Bies pada pembelajaran PKn masih banyak siswa yang belum tuntas pada pembelajaran PKn dan tidak memenuhi nilai KKM yang di tetapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbasis TPACK pada kelas IV SDN 5 Bies. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dilakukan dalam II siklus dengan subjek penelitian berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi dan tes. Kemudian data ini dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian melalui penerapan model kooperatif tipe STAD berbasis TPACK untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,63 %, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 96,05%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 94,73%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 66,66% pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,88%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif Tipe STAD Berbasis TPACK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 5 Bies.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mita Malaini Mita
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:52
Last Modified: 02 Sep 2024 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38611

Actions (login required)

View Item
View Item