Saumi Nopita, 200106085 (2024) Peran Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Pelaksanaan Diversi Pada Tindak Pidana Penganiayaan Oleh Anak (Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Banda Aceh). Peran Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Pelaksanaan Diversi Pada Tindak Pidana Penganiayaan Oleh Anak (Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Banda Aceh) (17). pp. 1-17.
![[thumbnail of Peran Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Pelaksanaan Diversi Pada Tindak Pidana Penganiayaan Oleh Anak (Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas II Banda Aceh)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Saumi Nopita, 200106085, FSH, IH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini melihat bagaimana Pembimbing Kemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan Kelas II (BAPAS) Banda Aceh melakukan diversi dalam situasi penganiayaan anak. Penelitian ini melihat penyebab kenakalan remaja dan sistem peradilan anak. Teknik kualitatif dengan menggunakan desain penelitian studi kasus adalah metodologi penelitian yang digunakan. Wawancara, observasi, dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian ini menunjukkan peran penting pembimbing kemasyarakatan (PK) dalam pengalihan kasus penganiayaan anak. Melayani dalam kapasitas penghubung, penilai, fasilitator, dan Pembimbing, PK memastikan bahwa program pengalihan berhasil dalam mencapai tujuan rehabilitasi dan reintegrasi sosial untuk anak-anak pelaku. Undang-Undang tentang Sistem Peradilan Pidana Anak diikuti ketika konselor masyarakat memberikan diversi dalam kasus-kasus pelecehan anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam situasi tindak pidana kekerasan anak di Balai Pemasyarakatan Kelas II (BAPAS) Banda Aceh, pembinaan masyarakat sangat penting untuk pelaksanaan diversi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Saumi Nopita |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:59 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38618 |