Aina Sapitra, 200209020 (2024) Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 2 Kota Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Metode Tutor Sebaya dan Hasil Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aina Sapitra, 200209020, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan penelitian yang telah dilkukan oleh peneliti di MIN 2 Kota Banda Aceh di kelas IV, pada proses pembelajaran matematika berlangsung ditemukan permasalahan yaitu kurang terlibatnya siswa secara aktif dalam pembelajaran, kurangnya kepercayaan diri siswa untuk bertanya kepada guru mengenai hal yang belum dipahami, serta komunikasi antar guru dan siswa dijembatani oleh bahasa yang sulit dipahami sebagai siswa sehingga materi sulit untuk mereka pahami. Hal itu menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika. Penggunaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menerapkan metode tutor sebaya di kelas IV MIN 2 Kota Banda Aceh. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik Kelas IV B yang berjumlah 44 orang. KKM yang telah ditetapkan untuk pembelajaran matematika adalah 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. Tekik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh persentase 73,86% kemudian pada siklus II menjadi 90%. Observasi peserta didk pada siklus I memperoleh persentase 72,72% kemudian pada siklus II menjadi 84%. Pada hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh persentase 63% kemudian pada siklus II menjadi 84%, hal ini telah memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aina Sapitra Aina |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 03:16 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 03:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38626 |