Penerapan Model Picture And Picture Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II MIN 26 Aceh Besar

Maudis Aulia, 200209031 (2024) Penerapan Model Picture And Picture Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Picture And Picture Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II MIN 26 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Picture And Picture Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II MIN 26 Aceh Besar)
Maudis Aulia, 200209031, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas II MIN 26 Aceh Besar ditemukan bahwa tingkat keaktifan belajar siswa masih sangat rendah. Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung,hanya 6 siswa dari 25 siswa yang mengangkat tangannya untuk menjawab, selebihnya hanya diam dan menjawab apabila ditunjuk secara langsung oleh gurunya, siswa juga tidak berani bertanya dan menyampaikan pendapatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model Picture and picture berbantuan media gambar berseri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang meliputi empat tahapan yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan/tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan setelah menerapkan model Picture and picture berbantuan media gambar berseri. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 86.25%, kemudian meningkat pada siklus II mencapai 86.25%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72.75% kemudian meningkat pada siklus II mencapai 85.50%. Sedangkan keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu 60% kemudian meningkat pada siklus II mencapai 84%. Dapat disimpulkan bahwa model Picture and picture berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maudis Aulia
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:33
Last Modified: 03 Sep 2024 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38639

Actions (login required)

View Item
View Item