Dara Zulfita, 200209119 (2024) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Educaton (RME) Berbantuan Media Konkrit terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 8 Aceh Barat Daya. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Media Konkrit, Hasil Belajar.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dara Zulfita, 200209119, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dalam proses pembelajaran terkait siswa yang kesulitan melakukan operasi hitung perkalian jika digit angka yang dikalikan terlalu besar, kebanyakan siswa kurang teliti saat menyelesaikan perkalian dengan benar. Oleh karena itu peneliti menerapan pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) berbantuan media konkrit terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) berbantuan media konkrit pada pembelajaran matematika di kelas IV MIN 8 Aceh Barat Daya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) berbantuan media konkrit pada pembelajaran matematika di kelas IV MIN 8 Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVA MIN 8 Aceh Barat Daya yang berjumlah 31 siswa dengan KKM individual 68 dan klasikal 80%. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 57,64 %, siklus II meningkat menjadi 71,76%, sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan lagi menjadi 94,11%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 58,82%, siklus II meningkat menjadi 64,70%, dan pada siklus III terjadi peningkatan lagi menjadi 91,76%. Hasil belajar siswa pada siklus I 48,38%, siklus II meningkat menjadi 70,96%, dan pada siklus III terjadi peningkatan lagi menjadi 83,87% termasuk kategori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) berbantuan media konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada siswa kelas IV MIN 8 Aceh Barat Daya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dara Zulfita Dara |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:54 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:54 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38665 |