Kamalurradad, 200802041 (2024) Perspektif Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Parkir Di Jalan Pelabuhan Ulee Lheue – Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Kualitas, Pelayanan, Parkir, Bukti Fisik, Empati.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kamalurradad, 200802041, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Pelayanan parkir adalah jasa menertibkan kendaraan, agar tidak menimbulkan kemacetan ataupun menghalangi kendaraan lainnya. Retribusi parkir merupakan kegiatan pemungutan tarif pada layanan parkir, namun penetapan tarif di tepi jalan umum pada lokasi tertentu, terdapat perbedaan tarif dengan parkir di tepi jalan umum biasanya, yang memiliki fasilitas lebih baik dibandingkan dengan parkir di tepi jalan umum pada lokasi tertentu, khususnya di Jalan Pelabuhan Ulee Lheue - Gampong Jawa ini. Tujuan penelitian untuk mengetahui dasar peningkatan tarif parkir, perspektif masyarakat terhadap kualitas pelayanan parkir di Jalan Pelabuhan Ulee Lheue - Gampong Jawa, dan mekanisme pelayanan parkir oleh Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan tarif parkir disebabkan jalan tersebut merupakan lokasi wisata yang ramai dikunjungi masyarakat, sehingga memiliki potensi penyediaan layanan parkir. Perspektif masyarakat terendah terhadap kualitas pelayanan parkir pada Tangible (Bukti Fisik) 40,59%, dipengaruhi fasilitas parkir yang belum memadai seperti media informasi tarif sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui perbedaan tarif retribusi parkir di Jalan Pelabuhan Ulee Lheue - Gampong Jawa, penggunaan nomor pengaduan sudah tidak efektif dikarenakan lebih mudah melalui sosial media, sesuai dengan pernyataan responden dan Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh. Oleh karena itu, kelengkapan fasilitas parkir sesuai ketentuan yang berlaku sangat diperlukan, serta masih diperlukannya sosialisasi melalui berbagai media informasi terkait perbedaan tarif tersebut. Perspektif masyarakat tertinggi terhadap kualitas pelayanan parkir pada Empathy (Empati) 66,67%, dipengaruhi inisiatif juru parkir seperti memberikan penutup kendaraan ketika panas, memindahkan kendaraan dari bahu jalan yang rusak ke jalan yang bagus, dan memberikan pelayanan yang baik. Oleh karena itu, inisiatif memberikan pelayanan terbaik harus terus ditingkatkan, sebab akan memberikan dampak baik kepada Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh dan juga kepada pengguna layanan parkir.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Kamalurradad Kamal |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:01 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:01 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38672 |