Pengembangan metode pembelajaran membaca dengan “Courage” berdasarkan pendekatan kontruktivisme sosial dan model collaborative di MAN 3 Bireun

Icha Mauliana, 221004010 (2024) Pengembangan metode pembelajaran membaca dengan “Courage” berdasarkan pendekatan kontruktivisme sosial dan model collaborative di MAN 3 Bireun. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan metode pembelajaran membaca dengan “Courage” berdasarkan pendekatan kontruktivisme sosial dan model collaborative di MAN 3 Bireun] Text (Pengembangan metode pembelajaran membaca dengan “Courage” berdasarkan pendekatan kontruktivisme sosial dan model collaborative di MAN 3 Bireun)
Icha Mauliana, 221004010, PASCA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana mengembangkan proses pembelajaran dengan menggunakan metode “Courage” berdasarkan pendekatan konstruktivisme sosial dan model kolaboratif pada pembelajaran membaca serta mengidentifikasi keefektifan metode Courage untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa MAN 3 Bireun serta untuk mengidentifikasi aktivitas siswa dengan menggunakan metode Courage yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan metode courage dilakukan dengan cara mengamati kebutuhan dan permasalahan serta konsultasi dengan para pakar untuk mencapai metode baru menjadi lebih baik dalam pembelajaran membaca dan metode courage ini memiliki sembilan langkah dalam proses pelaksanaannya. Penggunaan metode ini efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kuesioner tentang kebutuhan siswa memperoleh skor 66,4%, dan rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test (75,2 > 55,6). Peneliti memperoleh hasil tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05 yang menunjukkan hipotesis alternatif (H_a) diterima dan hipotesis nol (H_0) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, pembelajaran membaca, metode courage
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Icha Mauliana
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:31
Last Modified: 03 Sep 2024 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38686

Actions (login required)

View Item
View Item