Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengarang Bahasa Arab Menggunakan Iqtibas (Penelitian Eksperimen di Ma’had Asasun Najah)

Rifa Syahrina, 180202164 (2024) Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengarang Bahasa Arab Menggunakan Iqtibas (Penelitian Eksperimen di Ma’had Asasun Najah). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengarang Bahasa Arab  Menggunakan Iqtibas (Penelitian Eksperimen di Ma’had Asasun Najah)] Text (Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengarang Bahasa Arab Menggunakan Iqtibas (Penelitian Eksperimen di Ma’had Asasun Najah))
pro. skrip.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di Ma'had Asasun Najah Aceh Besar, menunjukkan bahwa siswa tidak antusias selama proses pembelajaran bahasa arab karena mereka mengalami kesulitan khususnya dalam mempelajari insya'. selain itu, guru belum memberikan metode yang paling bagus selama pembelajaran. Adapun dalam penulisan itu sendiri memiliki tata cara dan metode yang beragam baik dari segi kaidah dan bentuk kalimat dan lain sebagainya sehingga menjadi materi tersulit dalam pembelajaran bahasa arab. Oleh karena itu, peneliti ingin membantu meningkatkan antusias dan kemampuan mereka dalam keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan iqtibas untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Peneliti telah menyiapkan bahan yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan tes. Ada dua jenis tes dalam penelitian ini yaitu pretest dan protest. Peneliti juga menganalisis data dengan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, serta dilanjutkan dengan uji T berupa Paired Samples Statistics dan Paired Samples Test dibantu dengan aplikasi numerik SPSS Statistics 26. Peneliti menyertakan Populasi berupa seluruh siswa di MAS Asasun Najah yang berjumlah 144 siswa, dan sampel yang mencakup siswi kelas XI-1 berjumlah 22 orang. Terbukti dari hasil penelitian dengan tes menghasilkan nilai dengan tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 dan itu lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 yang menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (Ho) ditolak. Maka data jelas menyatakan bahwa penggunaan iqtibas efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis di Ma'had Asasun Najah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rifa Syahrina Rifa
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:33
Last Modified: 03 Sep 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38693

Actions (login required)

View Item
View Item