Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V MIN 29 Aceh Besar

Wahyuni, 200209094 (2024) Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V MIN 29 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V MIN 29 Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V MIN 29 Aceh Besar)
SKRIPSI FIXX APLOAD..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa suasana kelas tidak banyak dihiasi oleh karya-karya siswa, sehingga membuat kelas tidak berwarna dan tidak terlalu indah. Selama ini siswa masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran karena materi yang cukup banyak sehingga siswa sulit mengingat dan memahami materi pembelajaran dan juga masih banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, selain itu siswa juga kurang berani dalam mengemukakan pendapat. Siswa cenderung pasif dan kurang motivasi dalam belajar. Ketika tugas diberikan, siswa cenderung menyontek dan siswa kurang kreatif dalam menyelesaikan tugas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan kreativitas siswa dengan menerapkan metode mind map untuk meningkatkan kreativitas siswa di V MIN 29 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitiannya siswa kelas V/II MIN 29 Aceh Besar yang berjumlah 24 siswa, teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan rubrik kreativitas siswa kemudian dianalisis menggunakan rumus. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 81% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Aktivitas siswa sebesar 64% pada siklus I dan meningkat menjadi 87 %pada siklus II. Sedangkan kreativitas siswa sebesar 63,6 %pada siklus I dan meningkat pada siklus II yaitu 86,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind map dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V MIN 29 Aceh Besar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wahyuni Yuni
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:05
Last Modified: 05 Sep 2024 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38713

Actions (login required)

View Item
View Item