Ravidatu Dzil Izzati, 190213011 (2024) Implementasi Teknik Cognitive Behaviour Theraphy (CBT) Untuk Meningkatkan Self Confidence Siswa di SMPIT Al- Fityan School Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Implementasi Teknik Cognitive Behaviour Theraphy (CBT)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rivadatu Dzil Izzati, 190213011, FTK, BK, 085260102871.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berangkat dari rendahnya Self Confidence yang dimiliki oleh siswa. Rendahnya Self Confidence siswa ini terjadi karena beberapa faktor baik dalam internal maupun eksternal siswa. Sikap remaja yang menunjukkan rendahnya kepercayaan diri adalah seperti: selalu ragu-ragu dalam melakukan suatu hal, mudah cemas, tidak memiliki keyakinan, cenderung menghindar, menutup diri, kurang inisiatif, mudah patah semangat, takut untuk tampil di depan orang banyak, dan lain-lain akan menghambatnya untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu untuk meningkatkan Self Confidence siswa guru BK mengimplementasikan Teknik CBT T. Aeron Beck kepada siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Teknik CBT yang dilakukan oleh guru BK kepada siswa untuk meningkatkan Self Confidence yang dimiliki siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 4 orang yaitu siswa kelas VIII C yang memiliki Self Confidence rendah, Guru BK, walikelas dan teman dekat siswa di SMPIT Al- Fityan School Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik CBT dapat meningkatkan Self Confidence siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Ravidatu Dzil Izzati Vida |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:17 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38748 |