Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen melalui Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di Kelas XI MAS Muta’alimin Aceh Besar

Dian Shaleha, 291325011 (2018) Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen melalui Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di Kelas XI MAS Muta’alimin Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Kooperatif  Tipe Teams Games]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games)
Dian Shaleha.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAS Muta’alimin Aceh Besar menunjukkan bahwa proses belajar siswa lebih banyak mendengarkan guru menjelaskan materi secara ceramah, dan siswa merasa jenuh karena bagi siswa kimia itu merupakan hal yang tidak disukai. Beberapa materi yang memerlukan praktikum secara langsung tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan fasilitas alat peraga yang ada pada sekolah. Salah satu model yang cocok guna memudahkan pemahaman peserta didik dalam memahami materi yang memerlukan praktikum secara langsung dapat dilakukan dengan menggunakan model kooperatif tipe teams games tournamen melalui alat peraga sederhana. Rumusan dan tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana (1) aktivitas siswa, (2) aktivitas guru, (3) ketuntasan hasil belajar siswa, dan (4) respon siswa selama proses belajar mengajar. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa XI MIA1 berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk essay dan angket. Data observasi dianalisis menggunakan teknik persentase, hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar dan ketuntasan klasikal, sedangkan respon siswa dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Aktifitas siswa menggunakan model TGT reliabel digunakan dalam pembelajaran karena penilaian aktivitas siswa digolongkan reliabel, jika memiliki nilai reliabilitas ≥ 75%. Persentase aktivitas guru 66.65%, pada siklus I dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 77,77%, selanjutnya pada siklus III yaitu 82,83%. Hasil belajar siswa dengan persentase 69.16 pada siklus I dan terjadi peningkatan pada siklus II 75, dan terdapat peningkatan pada siklus III sebesar 88,87. Respon siswa dengan kriteria jawaban sangat setuju sebanyak 49,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Melalui Alat Peraga sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Mujakir, M Pd. Si 2.Sabarni,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournamen, Hidrokarbon
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Dian Shaleha
Date Deposited: 15 May 2018 03:53
Last Modified: 15 May 2018 06:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item
View Item