Penggunaan Media Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab Di Madrasah ‘Ulumul Qur’an Banda Aceh

Muhammad Ridha, 210202181 (2024) Penggunaan Media Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab Di Madrasah ‘Ulumul Qur’an Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab Di Madrasah ‘Ulumul Qur’an Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab Di Madrasah ‘Ulumul Qur’an Banda Aceh)
Muhammad Ridha, 210202181, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Madrasah ‘Ulumul Qur’an Banda Aceh adalah salah satu unit pendidikan tingkat SMA/MA yang terletak di ibu kota Aceh. Selama pengamatan awal, peneliti menemukan bahwa banyak siswa tidak menyukai belajar bahasa Arab, merasa bosan, dan cenderung tidak mendengarkan ketika guru mengajar bahasa Arab di kelas. Hal ini disebabkan oleh media yang digunakan oleh para guru kurang efektif dalam meningkatkan motivasi, dan guru sering menggunakan media yang monoton saat mengajar di kelas. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media Token Ekonomi untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dampak metdia Token Ekonomi dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Peneliti menggunakan metodologi eksperimental dengan alat penelitian berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua siswa Ma’had ‘Ulumul Qur’an Banda Aceh. Sementara itu, sampel penelitian ini adalah kelas XII, yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji linearitas dengan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak penggunaan media Token Ekonomi dalam meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab. Bukti menunjukkan bahwa hasil penelitian setelah menggunakan media Token Ekonomi adalah 67,88 dengan total skor 1697. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa sangat baik. Oleh karena itu, penggunaan metode Token Ekonomi berpengaruh dalam meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Ridha
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:57
Last Modified: 06 Sep 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38848

Actions (login required)

View Item
View Item