Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas v SDN 8 Kuala Bate Aceh Barat Daya

Sarmila, 190209125 (2024) Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas v SDN 8 Kuala Bate Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN AR-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas v SDN 8 Kuala Bate Aceh Barat Daya] Text (Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas v SDN 8 Kuala Bate Aceh Barat Daya)
sarmila .pdf

Download (30MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Sarmila Dewi
NIM : 190209121
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 8 Kuala Batee Aceh Barat Daya
Tanggal Sidang : 13 Juni 2024
Tebal Skripsi : 160 Lembar
Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd, Ph. D
Pembimbing II : Wati Oviana, S.Pd.I, M.Pd
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Kartu Bergambar, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil obsevasi siswa kelas V SDN 8 Kuala Batee Aceh Barat Daya terdapat permasalahan pada hasil belajar siswa, banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi dan memperhatikan penjelasan dari guru serta siswa kurang efektif dan cenderung bosan dalam belajar. Hal ini di pengaruhi model atau media pembelajaran. Solusinya menggunakan model Problem Based Learning dengan media Kartu Bergambar. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui aktivitas guru melalui pengunaan model Problem Based Learning dengan media kartu bergambar pada pembelajaran IPA, (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa melalui penggunaan model Problem Based Learning dengan media kartu bergambar pada pembelajaran IPA, (3) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Problem Based Learning dengan media kartu bergambar pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi dikelas V berjumlah 23 orang siswa. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 60,68% siklus II meningkat mencapai 92,66%. Pada aktivitas Siswa siklus I mencapai 69,56% pada siklus II meningkat mencapai 90,90 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dalam materi perpindahan kalor dikelas V SDN 8 Kuala Batee Aceh Barat Daya melebihi nilai KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sarmila Dewi Dewi
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:57
Last Modified: 06 Sep 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38854

Actions (login required)

View Item
View Item