Efektivitas Pendekatan Konseling Behavioral dalam Mengurangi Perilaku Bullying Peserta Didik MAN 4 Aceh Besar

Badrun Al-Qadri NIM : 160213045, 160213045 (2024) Efektivitas Pendekatan Konseling Behavioral dalam Mengurangi Perilaku Bullying Peserta Didik MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pendekatan Konseling Behavioral dalam  : Mengurangi Perilaku Bullying Peserta Didik MAN 4  : Aceh Besar] Text (Efektivitas Pendekatan Konseling Behavioral dalam : Mengurangi Perilaku Bullying Peserta Didik MAN 4 : Aceh Besar)
EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Perilaku bullying verbal merupakan kekerasan berbentuk ucapan yang secara sengaja dilakukan berulang-ulang dengan tujuan menguasai, menunjukan kekuatan, menyakiti, dan kesenangan pribadi sehingga dapat melanggar kode etik dan aturan yang telah ada. Permasalahan di MAN 4 Aceh Besar adalah perilaku bullying verbal masih terjadi di sekolah dan sulit dihilangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku bullying verbal peserta didik MAN 4 dan mengukur efektivitas teknik behavior contract sebagai upaya untuk mengurangi perilaku bullying verbal peserta didik MAN 4 Aceh Besar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X mia 2 dan X iis2 yang berjumlah 46 peserta didik dengan kategori perilaku bullying verbal-nya rendah, sedang, dan tinggi. Terdapat 9 peserta didik dengan kategori paling tinggi yang diambil sebagai sampel. Sampel dipilih melalui purposive sampling dengan pengkategorisasi peserta didik dengan tingkat perilaku bullying verbal-nya tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, bentuk pre-eksperiment design dengan jenis one-group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan sakala likert dan kontrak perilaku. Menggunakan teknik analisis uji normalitas dan uji-T. Tingkat perilaku bullying verbal pada 9 sampel sebelum diberikan treatment adalah 100% dengan kategori tinggi dan setelah diberikan treatment, tingkat perilaku bullying verbal pada 4 sampel menjadi 44% dan 5 sampel menjadi 56% dengan kategori rendah dan sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik behavior contract efektif dalam mengurangi perilaku bullying verbal peserta didik MAN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Badrun Al Qadri Badrun
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:31
Last Modified: 06 Sep 2024 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38868

Actions (login required)

View Item
View Item