Penggunaan Media Scramble Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 11 Aceh Besar

Tasya Alifa, 160209115 (2022) Penggunaan Media Scramble Untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 11 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Media Scramble, Membaca Pemahaman] Text (Media Scramble, Membaca Pemahaman)
Tasya Alifa, 160209115, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Membaca merupakan kunci penting dalam proses belajar, kurangnya kemampuan membaca merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Aceh Besar melalui media scramble. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara bersiklus, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam proses belajar serta aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui media scramble. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Peningkatan nilai pada siklus I belum mencapai ketuntasan hanya mencapai 60% sedangkan pada siklus II hanya mencapai 72% dan meningkat pada siklus III mencapai ketuntasan hingga 88%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa melalui media scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tasya Alifa Tasya
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:41
Last Modified: 09 Sep 2024 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38903

Actions (login required)

View Item
View Item