Pengembangan Pembelajaran Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Dinamika dan Keseimbangan Benda Tegar Tingkat SMA/MA

Wahyuni Bancin, 200204010 (2024) Pengembangan Pembelajaran Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Dinamika dan Keseimbangan Benda Tegar Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Wahyuni Bancin, 200204010, FTK, PFS, 087709059169.pdf] Text
Wahyuni Bancin, 200204010, FTK, PFS, 087709059169.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dimana guru masih banyak menggunakan buku paket yang tebal dalam melakukan proses kegiatan belajar sehingga bahan ajar kurang menarik, kurangnya bahan ajar yang berbentuk media interaktif. Hal ini membuat peserta didik sulit memahami materi fisika pada materi dinamika dan keseimbangan benda tegar karena dalam proses pembelajaran lebih menekankan untuk mengingat materi dan soal-soal secara langsung sedangkan soal yang berbentuk konsep literasi sains masih kurang sehingga peserta didik belum terbiasa dengan soal literasi sains yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi masalah ini, maka peneliti melakukan pengembangan pembelajaran kemampuan literasi sains pada materi tersebut. Adapun tujuan penelitian ini, untuk mendesain, menguji kelayakan dan menguji kepraktisan e-modul kemampuan literasi sains pada materi dinamika dan keseimbangan benda tegar tingkat SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) pada model Alessi dan Trollip yaitu (Planning, Design dan Development). Instrumen yang digunakan lembar validasi ahli materi terdiri tiga vaidator, lembar validasi ahli media terdiri dari tiga validator, dan lembar untuk pengguna (kepraktisan) ditujukan kepada 13 peserta didik di SMA/MA kelas XI. Hasil analisis validasi ahli materi diperoleh 98,27% dikategorikan sangat layak, hasil validasi ahli media diperoleh 94,05% dikategorikan sangat layak dan hasil validasi untuk kepraktisan E-modul memperoleh 96,08% dikategorikan sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul pambelajaran kemampuan literasi sains pada materi dinamika dan keseimbangan benda tegar sangat layak dan praktis digunakan oleh peserta didik kelas XI tingkat SMA/MA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Wahyuni Bancin
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:54
Last Modified: 09 Sep 2024 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38919

Actions (login required)

View Item
View Item