Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 2 Kota Banda Aceh

Tuti Rafika, 190209121 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 2 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Realia] Text (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Realia)
Tuti Rafika, 190209121, FTK, PGMI, 082335196265.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan pada proses pembelajaran dikelas V-C MIN 2 Kota Banda Aceh, terlihat beberapa permasalahan pada proses pembelajaran yaitu siswa kurang aktif, tidak fokus dan kurang antusias dalam pembelajaran sehingga berdampak negatif terhadap hasil belajar. Hal tersebut disebabkan oleh model yang kurang variatif dan media yang digunakan masih menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan media realia pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 34 orang siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu melalui lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan serta melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai 69,31% siklus II meningkat mencapai 94,31 %. Pada aktivitas Siswa siklus I mencapai 68,18% pada siklus II meningkat mencapai 90,90 %. Adapun untuk hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 52,94% Pada siklus II Meningkat mencapai persentase 88,32% termasuk kategori sangat baik dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tuti Rafika Uti
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:14
Last Modified: 11 Sep 2024 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38967

Actions (login required)

View Item
View Item