Siti Jajuli, 190202052 (2024) Qudratu Thalabati Qismi Ta'liimil Lughatil 'Arabiyyati 'Ala Fahmil Maqruu'. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Qudratu Thalabati Qismi Ta'liimil Lughatil 'Arabiyyati 'Ala Fahmil Maqruu']](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Siti Jazuli - Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Peneliti memperhatikan bahwa para pengajar di UIN Ar-Raniry banyak mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang tidak mampu menerapkan Bahasa Arab dengan baik, dari berbagai sisi, namun mereka terkenal unggul dalam bahasa Arab, seperti banyaknya prestasi mereka dalam kompetisi bahasa Arab, dan hal ini didukung dengan banyaknya dosen mereka lulusan dari Timur Tengah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan mereka yang menggunakan penerjemahan dalam memahami teks Bahasa Arab, serta faktor-faktor kesulitan mahasiswa dalam memahami teks Arab. Maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif, dan menetapkan populasi penelitiannya adalah mahasiswa tingkat IV Prodi Pendidikan Bahasa Arab di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh tahun ajaran 2022-2023M, dan sampel penelitian ini yaitu mahasiswa semester IV unit 1, yang sedang mengambil MK Muthala’ah II, juga telah mendalami bahasa Arab sejak dua tahun di prodi ini, yang berjumlah 27 mahasiswa. Peneliti memperoleh hasil dari lapangan penelitian yaitu: 4% dari mereka mendapat nilai kurang baik, 37% dari mereka mendapat nilai yang dapat diterima, 41% dari mereka mendapat nilai baik, 18% dari mereka mendapat nilai sangat baik, dan tidak ada satupun mahasiswa yang menilai nilainya istimewa, padahal di MK Muthala’ah-I sebelumnya 30% dari mereka mendapat nilai sangat baik dan 70% dari mereka mendapat nilai istimewa. Dan dapat disimpulkan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab belum mampu memahami apa yang dibaca sebagaimana mestinya. Peneliti juga menemukan bahwa faktor kesulitan mahasiswa dalam memahami bacaan terbagi menjadi dua bagian, internal dan eksternal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Jajuli Siti |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 02:29 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 02:29 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/38975 |