Nadya Fitri, 200206068 (2024) Pengelolaan Pembelajaran Intensif Di Dayah Perbatasan Darul Amin Aceh Tenggara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Pengelolaan Pembelajaran Intensif]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nadya Fitri, 200206068, FTK, MPI, 082276429374.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Pengelolaan pembelajaran adalah segala sesuatu pengaturan proses belajar mengajar dalam rangka tercapainya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, Dayah Perbatasan Darul Amin merupakan satu satunya pondok pesantren di kabupaten Aceh Tenggara yang melaksanakan program intensif, program ini di khususkan untuk calon santri yang lulusan dari SMP, dan proses pembelajaran yang mereka tempuh selama 4 tahun. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perencanaan dalam pengelolaan pembelajaran intensif di Dayah Perbatasan Darul Amin 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran intensif terhadap efektivitas pengelolaan di Dayah Perbatasan Darul Amin, 3) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran intensif terhadap efektivitas pengelolaan di Dayah Perbatasan Darul Amin, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsservasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari pimpinan pondok pesantren, direktur KMI dan wali kelas. Data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran intensif juga perlu adanya manajemen yang baik dimulai dari tahap perencanaanya, pelaksanaan yang dilakukan dan juga evaluasi. Perencanaan yang dilakukan dengan menganalisis kebutuhan terhadap pembelajaran intensif. Pelaksanaan yang dilakukan sesuai dengan visi dan misi pondok pesanren/dayah perbatasan Darul Amin yaitu Menjadi lembaga pendidikan pencetak kader-kader pemimpin umat, menjadi tempat ibadah thalab-i-ilmi serta menjadi sumber ilmu pengetahuan Islam dan cinta lingkungan dengan berjiwa pesantren, menuju terbentuknya khairu ummah. Evaluasi pembelajaran intensif secara umum di lakukan dua kali dalam setahun sebelum dan sesudah dimulainya tahun ajaran baru adanya evaluasi menjadikan hasil dari pelaksanaan menjadi masukan perbaikan di dalam program yang sedang dikembangkan, sehingga bisa menghasilkan output sesuai yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nadya Fitri Nadya |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:43 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39032 |