Makhfirah, 170403085 (2024) Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas Lhoong (Study Kasus Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
![[thumbnail of Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas Lhoong (Study Kasus Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Makhfirah, 170403085, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas Lhoong (Study Kasus Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar)”. Puskesmas Lhoong terletak di kecamatan Lhoong kabupaten Aceh Besar. Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang bertujuan menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan perawatan individu tingkat pertama. Pelayanan yang baik akan meningkat kepuasan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa puaskah masyarakat terhadap pelayanan di puskesmas lhoong kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang pada dasarnya menenkankan analisisnya pada data-data berupa angka yang diolah menggunakan metode likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pebahasan mengenai indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di puskesmas Lhoong, berdasarkan pedoman Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat, berdasarkan indikator kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di puskesmas Lhoong didapatkan indikator yang memiliki nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) tertinggi adalah pada unsur perilaku pelaksana yaitu sebesar 3,63 dengan nilai konversi IKM adalah 90,75, pada nilai bobot “A” dalam kategori sangat setuju atau sangat baik. Sedangkan nilai indikator terendah terdapat pada unsur waktu penyelesaian yaitu sebesar 3,18 dengan nilai konversi adalah 79,5, pada bobot nilai “B” pada kategori setuju/baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Makhfirah Makhfirah |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:29 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:29 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39033 |