Komunikasi Bisnis Pedagang Kelontong Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Pasar Al Mahirah Banda Aceh)

Ari yurisman, 180401079 (2024) Komunikasi Bisnis Pedagang Kelontong Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Pasar Al Mahirah Banda Aceh). Other thesis, Uin ar-raniry.

[thumbnail of membahas tentang komunikasi bisnis pedagang kelontong] Text (membahas tentang komunikasi bisnis pedagang kelontong)
Skripsi_Ari Yurisman cetak (1) (1) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10MB)

Abstract

Pasar Al Mahira Lamdingin Banda Aceh masih terlihat sepi setelah dua tahun berdiri. Salah satu komoditas yang dijual di pasar Al Mahirah Banda Aceh adalah Barang kelontong yang merupakan kebutuhan sehari-hari, Hal ini menjadi perhatian penulis untuk meneliti komunikasi bisnis para pedagang kelontong di pasar Al Mahirah lamdingin. Penulis ingin mengetahui perilaku komunikasi bisnis dan strategi komunikasi bisnis pedagang kelontong di pasar Al Mahirah Lam dingin Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami komunikasi bisnis para pedagang kelontong tersebut, dengan demikian penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberi manfaat langsung bagi mereka yang ingin mengetahui komunikasi bisnis secara teoritis ataupun praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data Field Research. Hasil penelitian yang penulis dapatkan menunjukkan bahwa, para pedagang di pasar kelontong Al Mahirah Lamdingin Banda Aceh mempunyai perilaku komunikasi yang baik, jelas, dan efektif terhadap pembeli, pemasok, dan pengelola Pasar Al Mahirah. Selain itu mereka juga menggunakan strategi pemasaran yang cukup membantu pembeli untuk mengakses kebutuhan pembeli terhadap barang-barang kelontong seperti, memberi layanan pesan antar (delivery), menyusun barang-barang dengan rapi, melakukan pengamatan terhadap kebutuhan pembeli dan melengkapinya di toko mereka. Para pedagang kelontong menjaga hubungan baik dengan pemasok mengingat kebutuhan mereka terhadap ketersediaan barang dengan harga yang sesuai untuk mereka jual kembali. komunikasi pedagang dengan pengelola pasar cukup baik karena pengelola sering memperomosikan pasar Al Mahirah. Kekurangan dalam komunikasi yang mereka miliki yaitu para pedagang kelontong masih minim menggunakan media komunikasi online, promosi secara online hanya dilakukan oleh pengelola pasar, komunikasi terkait penjulan juga jarang disampaikan oleh pedagang kepada pengelola pasar, menurut para pedagang pengelola pasar sendiri tau kekurangan-kekurangan yang ada di pasar Al Mahirah tersebut. Jadi, mereka cukup jarang memberikan keluhan kepada pengelola.
Kata Kunci: Komunikasi bisnis, pedagang kelontong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ari Yurisman
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:50
Last Modified: 12 Sep 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39054

Actions (login required)

View Item
View Item