Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PKN di Kelas V MIN 26 Aceh Besar

Ramadhani Syah Kirana Angkat, 200209019 (2024) Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PKN di Kelas V MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media  Animasi] Text (Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Animasi)
cetak skripsi HANI BISMILLAH 166.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat dan rendahnya hasil belajar yang disebabkan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, kurang memperhatikan guru saat menjelaskan serta minimnya interaksi antara guru dan siswa. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar sehingga berdampak pada minat dan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa adalah pendekatan pembelajaran Saintific berbantuan media animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran Saintific berbantuan media animasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V MIN 26 Aceh Besar dengan jumlah siswa 25 orang. Hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 76,04%, siklus II menjadi 90,62%. Observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 65,62, siklus II menjadi 82,29%. Minat belajar siswa siklus I memperoleh persentase 85%, minat belajar siswa siklus II memperoleh persentase 88%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh 40%. Pada siklus II menjadi 88%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan pendekatan saintifik dengan berbantuan media animasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ramadhani Syah Kirana Angkat Hani
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:05
Last Modified: 13 Sep 2024 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39079

Actions (login required)

View Item
View Item