Muhammad Ababil, 160205135 (2024) Pengembangan RPP Dan LKPD Berbasis Model Mastery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengembangan RPP Dan LKPD Berbasis Model Mastery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Ababil, 160205135, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB)
Abstract
Pembelajaran Model Mastery Learning adalah pembelajaran tuntas yang menyajikan cara-cara yang menarik minat peserta didik untuk belajar dengan baik dalam proses pembelajaran yang berlansung, sehingga apa yang disampaikan oleh guru baik materi maupun yang lainnya dapat diterima serta dipahami lebih baik oleh peserta didik. Belajar tuntas berasumsi bahwa di dalam kondisi yang tepat semua peserta didik mampu belajar dengan baik, dan memperoleh hasil yang maksimal terhadap seluruh materi yang dipelajari. Berdasarkan analisis awal yang dilakukan peneliti pada SMP Negeri 16 Banda Aceh, sudah ada perangkat pembelajaran tetapi guru menggunakan model kooperatif, dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru tersebut masih membuat peserta didik kurang terlibat aktif di dalam kelas, namun pada RPP masih terdapat langkah-langkah yang belum ada, maka diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran berbasis project dalam materi bangun ruang pada siswa SMPN yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari empat fase yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kategori valid yang diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai skor rata-rata untuk RPP adalah 83,33%, dan skor rata-rata untuk LKPD adalah 80%. Sementara itu, berdasarkan hasil analisis lembar kepraktisan juga dilihat dari respon guru terhadap perangkat pembelajaran yang diperoleh skor rata-rata untuk RPP 89% dan skor rata-rata LKPD adalah 93,33% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan dalam kategori valid dan praktis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Ababil |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 02:26 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 02:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39086 |