Penerapan Pendekatan Lingkungan Berbantuan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri Kajhu Aceh Besar

Kasimah, 200209118 (2024) Penerapan Pendekatan Lingkungan Berbantuan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pendekatan Lingkungan, Media Realia, Hasil Belajar, IPA, Sekolah Dasar] Text (Pendekatan Lingkungan, Media Realia, Hasil Belajar, IPA, Sekolah Dasar)
Kasimah, 200209118, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan wali kelas V di SD Negeri Khaju Aceh Besar ada permasalahan yang ditemukan pada proses pembelajaran IPA yang mana, siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran yang diberikan guru seperti kurangnya keaktifan siswa, kurangnya keinginan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, dan sebagian besar siswa terlibat sepenuhnya dalam aktifitas masing-masing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa pada penerapan pendekatan lingkungan berbantuan media relia pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri Khaju Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, subjek penelitian sebanyak 30 peserta didik kelas V-A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I dengan nilai persentase 77,88% dengan kategori baik, siklus II 88,46% dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai persentase 80,76 dengan kategori baik, siklus II 89,42% dengan kategori baik sekali. Peningkatan hasil belajar siswa siklus I nilai persentase 52,63% dengan kategori kurang, dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 90,47% dengan kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan lingkungan berbantuan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kasimah Sima
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:03
Last Modified: 23 Sep 2024 02:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39102

Actions (login required)

View Item
View Item