Amelia, 190207084 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI MAN 1 Pidie Jaya. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3, Sistem Peredaran Darah, Uji Kelayakan dan Respon Siswa]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Amelia, 190207084, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Proses pembelajaran Biologi di MAN 1 Pidie Jaya masih kurang bervariasi dalam penggunaan media khususnya pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, mengananalisis uji kelayakan dan respon siswa terhadap Media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 pada materi sistem peredaran darah manusia kelas XI MAN 1 Pidie Jaya. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari, 2 ahli media dan 2 ahli materi dan 17 siswa kelas XI. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar uji kelayakan media, uji kelayakan materi dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Teknik analisis data uji kelayakan dan respon siswa menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 pada materi sistem peredaran darah manusia kelas XI MAN 1 Pidie Jaya berdasarkan kualitas media dan materi diperoleh hasil keseluruhan dengan persentase nilai validasi yaitu 89% dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 pada materi sistem peredaran darah manusia diperoleh hasil persentase dengan nilai sebesar 89 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran pada materi sistem peredaran darah manusia dan mendapatkan respon yang positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Amelia Amel |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:13 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39108 |