Analisis Dan Perancangan Interface Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Tik Kelas VIII SMP Plus Ashabil Quran

Fitria Samsuar, 190212076 (2024) Analisis Dan Perancangan Interface Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Tik Kelas VIII SMP Plus Ashabil Quran. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Dan Perancangan Interface Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Tik Kelas VIII SMP Plus Ashabil Quran] Text (Analisis Dan Perancangan Interface Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Tik Kelas VIII SMP Plus Ashabil Quran)
Fitria Samsuar, 190212076, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan tempat yang strategis untuk memperbaiki kemampuan negara agar dapat berpartisipasi dalam skala yang lebih global, dalam meningkatkan mutu pendidikan, diharapkan guru terus berinovasi agar siswa tidak jenuh dalam menjalani pembelajaran salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yaitu seperti menggunakan media interaktif dalam proses pembelajaran. media interaktif adalah media yang menyampaikan materi pembelajaran bisa berbentuk gambar, video, animasi, audio, sehingga menciptakan interaksi antara media dan pengguna. Saat ini banyak pengembangan media pembelajaran dengan teknologi yang canggih, tetapi dalam pengembangannya, kebanyakan kurang memperhatikan aspek kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna, sehingga membuat pengguna kesulitan dan kurang tertarik menggunakan media tersebut. interface merupakan bagian penting yang harus dipertimbangkan saat merancang media pembelajaran interaktif, karena interface memberikan dampak terhadap tingkat ketertarikan, kenyamanan dan pemahaman pengguna dalam menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Plus Ashabil Quran diketahui bahwa dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan sesekali menggunakan media berupa powerpoint kemudian dijelaskan oleh guru didepan kelas sehingga mengakibatkan siswa cepat bosan dan kurang tertarik menjalankan proses pembelajaran. Sehingga, dibutuhkan media pembelajaran interaktif dengan interface yang menarik, mudah digunakan, dan mudah dipahami agar dapat memenuhi keinginan juga kebutuhan peserta didik. Interface media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan metode user centered design. Hasil penelitian ini yaitu interface media pembelajaran interktif pada mata Pelajaran TIK telah berhasil dirancang dan diujicobakan kepada peserta didik mendapatkan nilai 84 % yang menyatakan bahwa kategori sangat baik. Dengan kesimpulan bahwa Interface Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran TIK berhasil dirancang menggunakan figma dan articulate storyline 3 serta Interface Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran TIK mudah dipelajari, dipahami dan digunakan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Fitria Samsuar
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:49
Last Modified: 18 Sep 2024 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39123

Actions (login required)

View Item
View Item