Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Khalifah Aceh 2 Kota Banda Aceh

Nabila Hasliadi, 200210045 (2024) Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Khalifah Aceh 2 Kota Banda Aceh. Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Khalifah Aceh 2 Kota Banda Aceh, 7 (2): 2. pp. 572-581. ISSN 2655-4798

[thumbnail of Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Khalifah Aceh 2 Kota Banda Aceh] Text (Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Khalifah Aceh 2 Kota Banda Aceh)
Nabila Hasliadi (200210045).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB)

Abstract

Sarana dan prasana pendidikan memainkan peran penting terhadap terselanggaranya pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Metode penelitian yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru. Teknik analisis data melalui proses menghimpun data, mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah memiliki manajemen yang sistematis dan terstruktur dengan baik terhadap sarana dan prasarana. Bentuk manajemen yang dilaksanakan dimulai dari tahapan perencanaan yang melibatkan seluruh pihak terkhsusus para guru. Tahapan selanjutnya yaitu pengadaan kebutuhan sarana dan prasarana, sedangkan tahap akhir yaitu mereview/evaluasi yang dilaksanakan melalui rapat dan peninjauan bersama dengan guru, staf hingga wali siswa pada setiap aspek sarana dan prasana pembelajaran (fasilitas pada lingkungan belajar).

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nabila Hasliadi Nabila
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:09
Last Modified: 18 Sep 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39132

Actions (login required)

View Item
View Item