Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Science, Environment, Technology, And Society Pada Materi Getaran dan Gelombang di SMP/MTS

Asnidar, 190204043 (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Science, Environment, Technology, And Society Pada Materi Getaran dan Gelombang di SMP/MTS. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Modul Pembelajaran, Science, Environment, Technology, And Society, Getaran dan Gelombang] Text (Modul Pembelajaran, Science, Environment, Technology, And Society, Getaran dan Gelombang)
Asnidar, 190204043, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kurangnya pemanfaatan pendekatan Science, Environment, Technology and Society dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas yang dihubungkan dengan kehidupan nyata peserta didik. Oleh karena itu perlu adanya kreativitas guru dalam mengembangkan modul pembelajaran berbasis SETS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kelayakan dan respon peserta didik terhadap modul pembelajaran berbasis Science, Environment, Technology, and Society pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian R&D dengan menggunakan model 4D yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi oleh ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 89% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan persentase 91% dengan kriteria sangat layak serta hasil respon peserta didik mendapatkan persentase 84,66% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis SETS pada materi getaran dan gelombang di SMPN 1 Bandar Dua Ulee Gle Pidie Jaya sangat layak dan sangat menarik digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Asnidar Asni
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:53
Last Modified: 23 Sep 2024 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39192

Actions (login required)

View Item
View Item