Nura Ihsanti, 190210038 (2024) Pengaruh Kegiatan Menganyam terhadap Pengembangan Jati Diri di TK ABA Kedai Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Aktivitas Menganyam, Jati Diri, Motorik Halus.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nura Ihsanti, 190210038, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK ABA Kedai Manggeng Aceh Barat Daya mengalami beberapa hambatan dalam perkembangan motorik halusnya, hal ini ditandai dengan tangan anak yang masih kaku saat memegang pensil dan menggunting tidak sesuai dengan pola. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menganyam dengan daun kelapa terhadap perkembangan jati diri anak usia 5-6 tahun di TK ABA Kedai Manggeng Aceh Barat Daya. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pre-experimental design melalui pendekatan one group pre-test post test design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelompok B1 (29 orang) yang diambil melaui teknik random sampling. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil observasi diperoleh nilai rata-rata pretest berjumlah 52,06% dan nilai rata-rata posttest diperoleh 75,10%, sehingga uji normalitas yang dihasilkan adalah 0,233 > 0, 05. Berdasarkan data tersebut maka nilai thitung > ttabel yaitu 16,949 > 1.04841 Sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan menganyam dapat berpengaruh terhadap pengembangan jati diri anak di TK ABA Kedai Manggeng Aceh Barat Daya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Nura Ihsanti Nura |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:19 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:19 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39202 |