Syifa Nabila, 200209021 (2024) Penerapan Metode Guide Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 7 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Metode Guide Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 7 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Syifa Nabila, 200209021, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Seorang guru harus mampu memfasilitasi semua unsur-unsur penting dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah metode pembelajaran. Metode guided note taking merupakan suatu sistem yang terancang dan terjalin efisien meliputi para guru, siswa, dan lingkungan proses pembelajaran. Pada MIN 7 Banda Aceh terdapat masalah para siswa tidak mampu mengingat poin-poin penting dalam pembelajaran, hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini mencakup: bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 7 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan mengkaji peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 7 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dilakukan di kelas IV MIN 7 Banda Aceh dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai 84,37% dikategorikan sangat baik. Pada siklus II, aktivitas guru meningkat menjadi 91,66% tetap dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 71,87% dikategorikan baik, kemudian meningkat menjadi 90,62% pada siklus II masuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar pada siklus I mencapai 70% hal ini masih termasuk dalam katagori tidak tuntas, dilanjutkan siklus II kemudian meningkat menjadi 90% sudah mencapai dalam kategori tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syifa Nabila |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:11 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39210 |