Putri Murniati, 200209017 (2024) Pengaruh Media Takalintar dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 69 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Media Takalintar dengan Model Problem Based Learning]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Murniati, 200209017, FTK, PGMI, 081244395453.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Perkalian adalah salah satu konsep matematika yang bersifat abstrak sehingga untuk mengajarkannya diperlukan media dan model yang sesuai untuk membantu siswa memahami apa yang mereka pelajari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara didapatkan permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran serta guru yang masih mendominasi dalam pembelajaran di kelas menyebabkan siswa menjadi pasif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Takalintar dengan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri 69 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 33 siswa yang diambil menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menggunakan uji paired sample t test diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 12,790>2,037 maka H0 ditolak dan H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media Takalintar dengan Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 69 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Putri Murniati Putri |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:11 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39217 |