Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh

Safira Ramadhany, 180209027 (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Model Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar] Text (Model Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar)
Safira Ramadhany, 180209027, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Model Kooperatif Tipe Group Investigation merupakan model pembelajaran kelompok yang menekankan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pada model pembelajaran ini, siswa terlibat secara aktif mulai dari proses perencanaan hingga evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh tahun ajar 2023 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Informasi terkait aktivitas guru dan siswa dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan dan informasi terkait kemampuan siswa dikumpulkan menggunakan soal tes yang diberikan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori Baik dengan nilai 70,83%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 91,67%, dengan kategori Baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori cukup dengan nilai 65,27%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 93,05% dengan kategori Baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai kategori Cukup dengan nilai 55,17%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 86,20% dengan kategori Baik sekali. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena semua kriteria yang ditentukan telah terpenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Safira Ramadhany Safira
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:50
Last Modified: 24 Sep 2024 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39245

Actions (login required)

View Item
View Item