Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dengan Menggunakan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III Di SDN 57 Banda Aceh

Siti Asma Riza, 200209099 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dengan Menggunakan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III Di SDN 57 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dengan Menggunakan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III Di SDN 57 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dengan Menggunakan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III Di SDN 57 Banda Aceh)
Siti Asma Riza, 200209099, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti Di SDN 57 Banda Aceh, ditemukan permasalahan hasil belajar siswa masih tergolong rendah yang belum mencapai nilai KKTP terkhusus pada pembelajaran PKN. Tujuan dari peneliti adalah untuk mengetahui aktifitas guru dan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar dalam penerapan model team games tournament dengan menggunakan media crossword puzzle kelas III SDN 57 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek dari penelitian siswa kelas III berjumlah 28 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan soal tes. KKTP yang telah ditetapkan adalah 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan aktivitas guru di siklus I sebesar 77,5%, dan meningkat di siklus II sebesar 91,66%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71,66%. dan meningkat di siklus II meningkat dengan persentase 89,16%. Hasil belajar siswa dengan siklus 1 dengan persentase 57,14% dan meningkat di siklus II dengan persentase 82,14%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Team Games Tournament dengan menggunakan Crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi hak dan kewajibanku di rumah dan di sekolah kelas III SD N 57 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Asma Riza
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:10
Last Modified: 24 Sep 2024 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39246

Actions (login required)

View Item
View Item