Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 18 Banda Aceh

Meli Ramadhani, 180209070 (2023) Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 18 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Media Pembelajaran, Puzzle, Hasil Belajar] Text (Media Pembelajaran, Puzzle, Hasil Belajar)
Meli Ramadhani, 180209070, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SD N 18 Banda Aceh di kelas IV B, permasalahan yang sering terjadi yaitu pembelajaran yang masih berpusat pada guru, siswa yang hanya duduk dan mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru, yang membuat suasana tampak jenuh ketika pembelajaran sehingga siswa kurang dalam memahami materi yang disampaikan. Penggunaan media puzzle merupakan salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahn di atas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan media puzzle pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan media puzzle pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan media puzzle pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh. Penelitian ini dalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV B 30 siswa dengan KKM individual 80 dan klasikal 80%. Sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, test kemudian di analisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat pada setiap siklusnya, siklus I yaitu 65,38%, siklus II yaitu 78,12%, siklus III yaitu 85,95%. Hasil aktivitas siswa juga meningkat pada setiap siklusnya, siklus I yaitu 57,14%, siklus II yaitu 71,42%, siklus III yaitu 82,14%. Hasil belajar meningkat pada setiap siklusnya, siklus I yaitu 53,33%, siklus II yaitu 70%, dan siklus III yaitu 86,67%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 18 Banda Aceh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Meli Ramadhani Meli
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:49
Last Modified: 24 Sep 2024 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39247

Actions (login required)

View Item
View Item