Raziatul Ula, 200209072 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Dengan Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD N 3 Lamteuba, Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Dengan Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD N 3 Lamteuba, Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Raziatul Ula.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan terdapat siswa-siswi yang kemampuan membacanya masih kurang dengan masalah ini mereka juga kesusahan dalam memahami isi bacaan sehingga membuat mereka tidak tuntas dalam mengerjakan tugas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan membaca siswa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dengan berbantuan media Cerita Bergambar di kelas IV. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar guru, aktivitas belajar siswa dan peningkatan kemampuan membaca siswa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media cerita bergambar di kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Lamteuba sebanyak 12 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang di analisis dengan rumus klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar guru pada siklus I dengan nilai presentase 76,38% dan siklus II dengan nilai presentase 91,66% dengan katagori sangat baik. Aktivitas siswa Siklus I dengan nilai presentase 73,61%, dan Siklus II nilai presentase 90,27% dengan katagori Sangat baik. Hasil tes kemampuan membaca siswa Siklus I dengan nilai presentase 58,33%, dan siklus II dengan nilai presentase 83,33% dalam katagori Sangat Baik. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Raziatul Ula Ula |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:10 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:10 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39251 |