Peran Ilmu Psikolinguistik Dalam Mengatasi Problematika Keterampilan Berbicara Siswa Di Ma’had Darul Ulum Banda Aceh

Yenni Rahmawati, 180202059 (2024) Peran Ilmu Psikolinguistik Dalam Mengatasi Problematika Keterampilan Berbicara Siswa Di Ma’had Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Ilmu Psikolinguistik Dalam Mengatasi Problematika Keterampilan Berbicara Siswa Di Ma’had Darul Ulum Banda Aceh] Text (Peran Ilmu Psikolinguistik Dalam Mengatasi Problematika Keterampilan Berbicara Siswa Di Ma’had Darul Ulum Banda Aceh)
Yenni Rahmawati, 180202059, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Problematika dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan suatu faktor yang bisa menghalangi dan memperlambat pelaksanaan proses belajar mengajar dalam bidang studi bahasa Arab. Berdasarkan pengamatan pertama yang dilakukan oleh peneliti di MTs Ma’had Darul Ulum Banda Aceh, bahwa sebagian besar siswa kelas 2/1 menghadapi kesulitan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan bagaimana solusinya berdasarkan ilmu psikolinguistik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: bahwa Problematika yang dihadapi siswa dalam keterampilan berbicara di MTs Ma’had Darul Ulum Banda Aceh kelas 2/1 yaitu tergolong atas dua macam. pertama problematika bahasa yaitu kurangnya kosakata yang dihafal oleh siswa dan kesulitan dalam memahami tata bahasa (Qawaid). Kedua, problematika bukan bahasa yaitu rendahnya rasa percaya diri, kurangnya motivasi dikalangan siswa, dan persepsi bahwa bahasa Arab itu sulit. Adapun solusi problematika pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan ilmu psikolinguistik yaitu dengan memberikan kosakata baru dengan kesan visual dan auditori, menggunakan metode pendidikan yang beragam dan menarik, memberi motivasi, menciptakan lingkungan kebahasaan, melatih berbicara bahasa Arab, dan memberi penghargaan atau hadiah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yenni Rahmawati
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:26
Last Modified: 27 Sep 2024 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39307

Actions (login required)

View Item
View Item