Nazrah Lutfia Putri, 200210053 (2024) Penerapan Metode Show And Tell Untuk Mengembangkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Cut Nyakti Blanggeulinggang Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Nazrah Lutfia Putri_200210053.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di TK Cut Nyakti Blanggelinggang Aceh Selatan pada bulan Agustus 2023, terdapat permasalahan yang terjadi pada anak usia 5-6 tahun di kelas B, dimana perkembangan bahasa anak masih lemah, hal itu terlihat anak belum mampu dalam berkomunikasi secara lisan, menjawab pertanyaan orang lain, bahasa yang diucapkan kurang jelas dan tidak mampu menyampaikan gagasan atau idenya, serta kurangnya pembendaharaan kosa kata.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan metode show and tell dapat mengembangkan perkembangan bahasa anak di TK Cut Nyakti Blanggeulingang Aceh Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dugunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu), pretest-postest non- quivalent control group desain. Desain ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil yang diperoleh dari nilai uji thitung dan ttabel diperoleh nilai thitung yaitu 7,670 >ttabel 1,691 dan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dengan demikian terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha yang artinya penerapan metode show and tell dapat mengembangkan perkembangan Bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Cut Nyakti Blanggeulinggang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Nazrah Lutfia Putri Syamsurizal |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 03:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39328 |