Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri Lumban Tua Aceh Tenggara

Yesi Novita, 200209157 (2024) Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri Lumban Tua Aceh Tenggara. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Model Numbered Head Together (NHT), Media Flashcard, dan Kemampuan Membaca Permulaan] Text (Model Numbered Head Together (NHT), Media Flashcard, dan Kemampuan Membaca Permulaan)
Yesi Novita, 200209157, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pada saat proses pembelajaran, ditemukan permasalahan yaitu kurangnya kemampuan membaca permulaan. Seperti yang ditemukan pada siswa kelas II di SD Negeri Lumban Tua Aceh Tenggara, terdapat 5 orang siswa yang kesulitan untuk melafalkan abjad dengan tepat dan benar, dan ada sekitar 3 orang siswa tidak dapat membedakan antara satu huruf dengan huruf laninnya, yang menyebabkan siswa masih banyak yang kurang dalam kemampuan membaca permulaan. Hal ini terlihat ketika guru meminta siswa satu persatu maju ke depan untuk membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Lumban Tua Aceh Tenggara. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menerapkan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media flashcard untuk meningkat kemampuan siswa kelas II SD Negeri Lumban Tua Aceh Tenggara. (3) Untuk mengatahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media flashcard siswa kelas II SD Negeri Lumban Tua Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Lumban Tua Aceh Tenggara yang berjumlah 14 siswa dengan KKM Individual 75 dan klasikal 80%. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru meningkat pada setiap siklus, siklus I yaitu 85,71% dan siklus II yaitu 94,64%. Aktivitas siswa juga meningkat pada setiap siklus, siklus I yaitu 76,56% dan siklus II yaitu 91,07%. Kemampuan membaca permulaan siswa juga meningkat pada setiap siklus, pada siklus I yaitu 50% dan siklus II yaitu 85,7%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II di SD Negeri Lumban Tua Aceh Tenggara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yesi Novita Yesi
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:57
Last Modified: 01 Oct 2024 01:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39332

Actions (login required)

View Item
View Item