Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Biologi Uin Ar-Raniry Di MAS Banda Aceh Dan Aceh Besar

Dara Fakhriah, 190207089 (2024) Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Biologi Uin Ar-Raniry Di MAS Banda Aceh Dan Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Persepsi, Guru Pamong, Keterampilan Mengajar, Mahasiswa PPL] Text (Persepsi, Guru Pamong, Keterampilan Mengajar, Mahasiswa PPL)
Dara Fakhriah, 190207089, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Keterampilan mengajar merupakan kemampuan yang harus dikuasai guru saat mengajar. Hasil wawancara pra-penelitian dengan 3 orang guru pamong biologi bahwa mahasiswa PPL Pendidikan Biologi kurang dalam menguasai beberapa keterampilan mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan berbagai persepsi dari guru pamong biologi terhadap keterampilan mengajar, dan menjabarkan apa saja kendala dan solusi mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan dilakukan di seluruh MAS Banda Aceh dan Aceh Besar pada semester Genap TA 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi yang ada di MAS Banda Aceh dan Aceh besar berjumlah 15 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu guru biologi yang menjadi pamong pada mata pelajaran biologi berjumlah 7 orang dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket. Hasil penelitian menjukkan bahwa keterampilan membuka dan menutup pelajaran, dan keterampilan memberikan pertanyan dikategorikan kedalam kategori positif. Keterampilan menjelaskan materi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, dan keterampilan membimbing diskusi kelompok besar maupun kecil dikategorikan kedalam kategori cukup. Faktor yang menjadi kendala mahasiswa PPL terhadap keterampilan mengajar yaitu terkendala dalam membuat media, keterbatasan jumlah LCD Proyektor, terkendala dalam mengelola kelas, kendala dalam penguasaan materi, terkendala dalam memberi penguatan secara verbal maupun nonverbal. Solusi terhadap kendala yaitu meningkatkan penguasaan materi meningkatkan kemampuan dalam mengelola kelas, meningkatkan kemampuan memberikan variasi media dan metode pembelajaran, microteaching dilakukan dengan sungguh-sungguh, menjaga kedisiplinan waktu, dan meningkatkan kerjasama dengan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dara Fakhriah Dara
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:55
Last Modified: 01 Oct 2024 01:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39340

Actions (login required)

View Item
View Item