Nisrina Mayyada, 200209009 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SDN 1 Indrapuri. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SDN 1 Indrapuri]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nisrina Mayyada, 200209009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Menurut Hasil observasi di kelas V SDN 1 Indrapuri, menunjukan banyak siswa kelas V yang belum mencapai nilai standar KKM. Diperlukan ada inovasi dalam pembelajaran untuk membuat siswa lebih aktif dan fokus. Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning menjadi salah satu solusi dalam mengatasi rendahnya hasil belajar siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjeck penelitiannya pada 13 siswa di kelas V dan dilakukan selama dua siklus. KKM yang telah ditetapkan adalah 70 dengan ketuntasan klasikal 80%. Data dikumpulkan melalui instrument observasi dan soal tes. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I adalah 82,14%, kemudian pada siklus II menjadi 93,75%, dan aktivitas siswa pada siklus I adalah 77,86% dan aktivitas siswa pada siklus II adalah 94,64%. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,30% dan pada siklus ke II menjadi 81,53%. Oleh karna itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menerapkan model project based learning dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Indrapuri Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nisrina Mayyada Mayyada |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 01:57 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 01:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/39341 |